Jumat, 22 Oktober 2010

Pengertian dan Fungsi Sel


PENGERTIAN DAN FUNGSI SEL

Sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil satuan makhluk hidup. Sel tidak dapat dibagi-bagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel seperti melakukan pernapasan, perombakan, penyusunan, reproduksi, dan peka terhadap rangsang.
Tubuh manusia tersusun atas kumpulan sel-sel. Sel-sel berkelompok membentuk suatu jaringan, dan kemudian jaringanjaringan akan menyusun organ. Organ mempunyai beragam bentuk dan fungsi. Organ-organ tersebut saling berkaitan satu sama lain untuk membentuk suatu sistem. Sistem organ inilah yang akan membentuk organisme baru.  Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa sel merupakan tingkatan terendah dari organisme kehidupan.
Matthias schleiden seorang ahli anatomi tumbuhan dan Theodor schwann seorang ahli anatomi hewan merumuskan teori yang berbunyi "sel, merupakan kesatuan struktural kehidupan". Untuk membedakan struktural sel tumbuhan dan hewan kita dapat menggunakan sediaan daun elodea,hydrilla, dan sediaan sel epitel pipi manusia. sediaan tersebut kemudian diamati dengan mengggunakan mikroskop cahaya.
Max schultze dan Thomas Huxley : sel merupakan kesatuan fungsional kehidupan, yang menunjukan bahwa aktivitas yang berlangsung dalam tubuh mahluk hidup tercermin dalam aktivitas dalam sel.
Terdapat 2 kelompok utama sel, yaitu sel prokariotik dan eukariotik. Pada sel prokariot, materi genetik tersebar di dalam suatu badan serupa inti yang tidak dikelilingi oleh membran. Sel eukariot sebaliknya, memiliki inti sel yang sangat kompleks dengan selubung inti yang terdiri dari dua membran. Sel prokariotik hanya dimiliki oleh kingdom monera dan sel eukariotik dimiliki oleh keempat kingdom lainnya, yaitu Protista, fungi, Plantae dan Animalia.
Sel eukariotik dibedakan lagi menjadi 2, yaitu sel hewan dan sel tumbuhan. Sel tumbuhan biasanya lebih besar dibanding sel hewan. Sel tumbuhan mempunyai bentuk yang tetap karena sel tumbuhan mempunyai dinding sel dari selulosa, sedangkan sel hewan tidak mempunyai bentuk khusus karena tidak memiliki dinding sel. Sel tumbuhan mempunyai organel tertentu yang tidak terdapat pada sel hewan, demikian pula sebaliknya. Sel tumbuhan memiliki plastida dan vakuola yang tidak dimiliki sel hewan, sebaliknya sel hewan memiliki sentriol yang tidak dimiliki leh sel tumbuhan.
Struktur Sel Hewan

Struktur Sel Tumbuhan


Perbandingan Sel tumbuhan dan Sel Hewan
No
Organel
Prokariot
Eukariot
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.

Membran plasma
Sitoplasma
Ribosom
Dinding sel
Mesosom
Nukleus
Sentriol
RE
Kompleks golgi
Lisosom
Badan mikro
mitokondria
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Tidak ada
Tidak ada
Tidak ada
Tidak ada
Tidak ada
Tidak ada
Tidak ada
Ada
Ada
Ada
Ada/tidak ada
Tidak ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar