Jumat, 22 Oktober 2010

RNA


RNA
Struktur RNA
RNA ( Ribonucleic acid )terdiri dari tiga jenis yaitu messenger RNA (mRNA), ribosomal RNA (rRNA) dan transfer RNA (tRNA). Masing-masing jenis RNA tersebut mempunyai cara pembentukan dan fungsi tersendiri selama transkripsi dan translasi sintesis protein.
Perbedaan antara DNA dan RNA
NO
PEMBANDING
DNA
RNA
1.
Gugus pentosa
deoksiribosa
ribosa
2.
Susunan pirimidin
Timin ( T )
Urasil ( U )
3.
belahan
Dua belahan
(double strand)
Belahan tunggal
(singel strand)

RNA terdapat di inti (RNAd), di ribosom (RNAr)yang disintesis oleh nukleous, di sitoplasma (RNAt), di mitrokondria, dan kloroplas.
Jenis-jenis RNA
1.    Messenger  RNA (m RNA)
m RNA ini berfungsi sebagai pembawa pesan tertulis atau juga disebut RNA duta (RNAd) karena sebagai “duta” dari DNA k ribosom. RNA duta merupakan molekul RNA sebagai hasil “cetakan” atu transkipsi dari molekul DNA. mRNA merupakan bentuk komplamenter molekul DNA yang dipakai sebagai polanya.
contoh :
Rantai sense DNA :           TAS TTG GAG ATT TAS TGT ATS
Jalur  m RNA                        :           AUG AAS SUS UAA AUG ASA UAG
Cara transkipsi :
Basa T pada DNA menjadi A pada mRNA Rantai sense DNA
Basa A pada DNA menjadi U pada mRNA
Basa S pada DNA menjadi G pada mRNA
Basa G pada DNA menjadi S pada mRNA
Kode pada mRNA merupakan kodon yaitu kode asam amino. Kode asam amino selalu dalam triplet (pasangan 3 basa nitrogen) sebab di alam terdapat sekitar 20 asam amino dan untuk manusia terdapat 10 asam amino esensial  dan 10 asam amino non esensial. Hal ini bisa dijelaskan sebagai berikut:
a.    Bila satu basa nitrogen (singlet)yaitu G, A, S, dan T masing-masing menkode satu asam amino, maka yang terkode hnaya 14= 4 asam amino. Jadi kode singlet tidak mungkin.
b.    Bila kode dalam bentuk doblet GG, GA, GS, GT, dan seterusnya yang terkode hanya 24=16 asam amino. Jadi masih kurang.
c.    Kode triplet GGG, GGA, GGS, dan seterusnya yang terkode 34= 64. Jadi ada satu asm amino yang mmemiliki lebih dari satu kodon.
Messenger RNA (mRNA) dibentuk melalui transkipsi DNA. Kemudian mRNA ini akan pergi ke ribosom , lalu ribosom bergerak membaca kodon yang ada di sepanjang mRNA.dari 64 kodon terdapat tiga kodon yang tidak menentukan asam amino yaitu UAA, UAG, dan UGA, sehingga disebut kodon nonsense. Namun ketiga kodon nonsense tersebut mempunyai fungsi khusus dalam sintesis protein yaitu sebagai full stop atau titik. Setelah mRNA terbentuk dan mengalami pemasakan atau splicing, mRNA meninggalkan inti sel melalui lebang-lubang inti untuk masuk kedalam sitoplasma. Splicing merupakan pros penghilangan intron sehingga mRNA yang meninggalkan inti hanya yang tersusun atas exon.
2.    RNA Transfer (tRNA)
transfer RNA merupakan kelompok RNA yang terdiri atas berjenis jenis molekul RNA kecil-kecil yang berfungsi untuk mengenal kodon yang telah ditranskipsikan pada mRNA dan sekaligus mengenali asam amino yang khusus sesuai kodon yang ada. Ada beberapa model struktur molekul tRNA, diantaranya yang diusulkan oleh Holley berbentuk sebagai “daun semanggi”.
Pada molekul tRNA tersebut terdapat 4 ujung yang penting yaitu:
a.    Ujung “perangkai” asam amino (akseptor).
b.    Ujung “pengenal” yang disebut antikodon.
c.    Ujung tanda pengenal bagi enzim asam amino yang bersangkutan.
d.    Ujung pengenal ribosom yang sama untuk semua tRNA.
3.    RNA Ribosom (rRNA)
rRNA merupakan RNA terbanyak yang terdapat dalam sel. Molekul RNA dibentuk dalam nukleus, yang kemudian akan menempati ribosom dalam sitoplasma. Ribosom merupakan tempat sintesis protein.
Ribosom terdiri atas dua submit :
a.    Submit besar akan mengikat tRNA yang sesuai
b.    Submit kecil akan mengikat mRNA

Gambar RNA

Gambar RNA 2

Gambar RNA 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar